Intel Skylake

By Victorious - Oktober 12, 2015


10 Hal yang Penting Diketahui Terkait Intel Skylake






Sudah merencanakan upgrade PC Anda ke Intel Skylake? Keluarga prosesor baru dari Intel ini bisa dikatakan opsi yang tepat untuk Anda yang PC-nya sudah berumur beberapa tahun, seperti yang berbasis Nehalem, Sandy Bridge, atau bahkan Ivy Bridge. Nah, sebelum Anda menjalankan rencana upgrade Anda, ada baiknya Anda mengenal dulu beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk upgrade ke platform baru tersebut.

1. Menggunakan Soket Baru: LGA1151

Core i7-6700K terlihat jelas memiliki susunan pin yang berbeda dengan trio prosesor LGA1150 dari keluarga Broadwell dan Haswell.
Core i 6th Generation, nama “resmi” dari keluarga Skylake, menggunakan soket baru, yaitu LGA1151. Soket ini tentu saja berbeda dengan generasi Core i sebelumnya. Anda pastinya tidak bisa menggunakan prosesor Skylake di motherboard untuk prosesor-prosersor generasi sebelumnya, seperti yang menggunakan soket LGA1156, LGA1155, dan LGA1150. Juga, Anda tidak bisa menggunakan prosesor Nehalem, Sandy Bridge, Ivy Bridge, Haswell, dan Broadwell di LGA1151 untuk Skylake.

2. Prosesor – Baru 2 yang Dirilis: Core i5-6600K & Core i7-6700K

Sejauh ini, Intel baru merilis 2 buah prosesor Skylake, yaitu Core i5-6600K & Core i7-6700K. Tentunya, bukan hanya dua ini prosesor Skylake yang disiapkan oleh Intel. Mereka hanya baru berkesempatan merilis keduanya, yang ditujukan untuk mainstream performance, di awal Agustus 2015 ini. Beberapa prosesor lain akan dirilis dalam waktu hingga akhir September 2015 nanti, yaitu varian Core i5 dan Core i7 non-K, serta mungkin juga Core i3.
Bila Anda memang ingin membangun PC untuk kelas mainstream performance dan ingin menggunakan salah satu dari kedua prosesor itu, Anda seharusnya bisa mendapatkannya di toko-toko di awal hingga pertengahan bulan September mendatang. Namun, bila Anda lebih tertarik dengan varian non-K, Anda harus bersabar menunggu sedikit lebih lama lagi.

3. Seri “K” Tidak Dipaketkan dengan HSF


Satu hal yang cukup berbeda dengan paket penjualan prosesor seri K dari keluarga Skylake, Intel tidak lagi menyertakan HSF standar mereka dalam paket tersebut. Anda tentunya harus menyediakan sistem pendingin Anda sendiri untuk menjalankan PC berbasis Skylake “K” yang Anda rakit. Lalu, bagaimana dengan prosesor non-K? Sejauh ini, karena belum ada prosesor non-K yang dirilis, kami masih belum bisa memberikan informasi terkait apakah akan ada stock cooling di paket penjualannya. Mungkin saja, untuk non-K, Intel tetap akan menyediakan stock cooling.

4. Skylake “K” Butuh Cooler yang Mumpuni


Skylake “K” diklaim memiliki TDP 91 Watt dan Intel sendiri merekomendasikan penggunaan pendingin standar dengan rating untuk menahan panas hingga 130 Watt. Hal itu menunjukkan bahwa prosesor Skylake K berpotensi menghasilkan panas yang lebih dari prosesor Core i generasi-generasi sebelumnya. Lalu, apa pengaruh dari “saran” Intel tersebut ke pemilihan pendingin?
Pengaruhnya ada di pendingin seperti apa yang harus Anda pilih. Anda tidak bisa sembarangan memilih pendingin. Anda harus melihat terlebih dahulu beberapa hal, termasuk performa pendingin tersebut melalui review-review yang ada, atau dari rating yang diberikan sang produsen. Bila Anda menggunakan pendingin yang tidak sesuai, bukan tidak mungkin Anda tidak akan merasakan performa standar sesungguhnya dari Skylake “K”.

5. Cooler LGA115X Masih Kompatibel


Nah, masih terkait pendingin, satu hal yang masih cukup menyenangkan adalah pendingin yang digunakan untuk Skylake, soket LGA1151, masih menggunakan mounting yang sama dengan LGA115X dari generasi sebelumnya. Itu berarti bila Anda telah memiliki PC berbasis LGA115X, Anda bisa menggunakan HSF, Watercooling Kit, ataupun pendingin lain yang Anda gunakan untuk PC lama Anda di PC Skylake.
Lalu, bagaimana dengan stock cooling untuk Core i Series sebelumnya? Ya, Anda masih bisa menggunakannya. Namun, dari pembahasan kami di poin sebelumnya, Anda tentu seharusnya akan mendapatkan gambaran bila stock cooling tersebut mungkin tidak akan memberi performa pendinginan yang mumpuni untuk Skylake “K”. Jadi, mungkin Anda harus melupakan pikiran untuk menggunakan stock cooling Core i Series generasi sebelumnya untuk prosesor baru ini.

6. Menggunakan RAM DDR4 – Dual Channel


Skylake untuk mainstream yang ada saat ini telah mendukung DDR4 dengan konfigurasi maksimal dual-channel. DDR4 sendiri tidak memiliki backward compatibility dengan memori dari generasi sebelumnya, sehingga Anda tidak akan bisa menggunakan keping RAM selain DDR4 di slot DIMM untuk DDR4.

7. RAM DDR4 Dual Channel Kit Tersedia untuk Skylake

Karena sebelum hadirnya Skylake, platform yang menggunakan DDR4 hanya Haswell-E + X99 yang mendukung RAM quad-channel, maka RAM DDR4 yang beredar di pasaran umumnya hadir dalam bentuk single kit atau quad-channel kit. RAM dual-channel kit yang tersedia bisa dikatakan sangat terbatas. Namun, seiring dengan pengumuman rilis Skylake mainstream, beberapa produsen RAM mulai mengumumkan bahwa mereka juga menyediakan RAM dual-channel kit. Ya, ketika Anda ingin merakit sistem Skylake nanti, Anda tidak perlu membeli quad-channel kit karena seharusnya dual-channel kit sudah tersedia

8. Masih Mendukung DDR3


Kabar baik kedua, setelah kompatibilitas dengan sistem pendingin untuk LGA115X generasi sebelumnya, adalah Skylake mainstream tetap mendukung DDR3. Berdasarkan penjelasan dari Intel, semua prosesor Skylake LGA1151 mendukung DDR3L, varian low-voltage dari DDR3. Selain itu, semua chipset untuk LGA1151 juga memiliki dukungan untuk DDR3L, sehingga produsen bisa mengkreasikan produk yang masih mendukung standar lawas itu.
Salah satu motherboard Z170 dengan dukungan DDR3

Kami sempat mencoba merangkum berbagai motherboard LGA1151 yang telah tersedia dari berbagai brand. Terlihat, brand ternama seperti ASUS dan Gigabyte telah memiliki motherboard Z170 yang mendukung DDR3. Seharusnya, seiring berjalannya waktu, akan muncul beberapa varian motherboard lain, dari berbagai produsen, yang juga akan mendukung penggunaan DDR3.

9. Motherboard – Baru Tersedia Chipset Z170

Sejak beberapa waktu lalu, Intel telah menyebutkan bahwa akan ada 6 chipset yang mendukung LGA1151 untuk Skylake, yaitu H110, B150, Q150, Q170, H170, dan Z170. Namun, mengapa produsen hanya merilis produk dengan chipset Z170. Hal ini disebabkan karena memang baru Z170 saja yang dirilis, untuk menemani prosesor Skylake “K”.
Intel tampaknya baru akan menghadirkan chipset lain bersamaan dengan rilis prosesor-prosesor lain untuk LGA1151 yang seharusnya tidak akan lama lagi.

10. Dukungan Storage yang Lebih Baik

Untuk Skylake LGA1151 yang dikombinasikan dengan motherboard mid-end dan high-end, yang umumnya menggunakan chipset di atas H110, Intel memberikan dukungan untuk line PCIe 3.0 di chipset. Hal itu membuat produsen motherboard bisa memanfaatkan line tersebut untuk mengakomodasi port dan slot untuk storage yang lebih baik. Jadi, bila Anda berencana untuk menggunakan storage kencang, misalnya SSD NVMe, Anda akan mendapatkan dukungan yang lebih baik di platform Intel Skylake ini.

Source : Link


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar