Dampak Teknologi Terhadap Sosialisasi

By Victorious - November 15, 2013

SOFT SKILL : ILMU SOSIAL DASAR




AGUNG SATRIA

1KA42

10113359

KATA PENGANTAR

Atas rahmat dan karunia dari Allah S.W.T, dan kemauan yang keras di sertai bantuan dari berbagai pihak maka dapatlah di susun Karya Tulis Ilmiah ini dengan judul: “Dampak Teknologi Informasi Terhadap Hubungan Sosialisasi Masyarakat di Sekitar” sebagai pemahaman tambahan.
Dan tak lupa kami hanturkan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada para pembimbing yang telah memberikan arahan serta bimbingan kepada penulis.dan tentu hasil Karya Tulis Ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan untuk itu penulis sangat memohon saran yang sifatnya membangun dan konstruktif untuk kesempurnaannya, dan semoga Karya Tulis ini berguna lagi bermanfaat untuk kita yang telah menyimaknya, Aamiin.



BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar belakang.
     Zaman sekarang siapa yang tak punya ponsel?? Dari balita hingga manula tak ketinggalan dengan barang yang satu ini. Bahkan satu orang pun bisa memiliki 2-3 ponsel atau bahkan lebih. Harga yang bervariasi (dari kaki lima hingga bintang lima), pilihan yang beraneka ragam membuat orang semakin mudah memiliki ponsel. Kecanggihan teknologi, terutama ponsel memberikan berbagai dampak positif, namun dibalik itu, menyimpan boomerang bagi sosialisasi masyarakat.
       Kehadiran globalisasi membawa pengaruh bagi kehidupan suatu bangsa. Pengaruh globalisasi dirasakan di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain-lain yang akan mempengaruhi nilai-nilai nasionalisme bangsa.
      Secara umum globalisasi dapat dikatakan suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Menurut Edison A. Jamli (Edison A. Jamli dkk, Kewarganegaraan, 2005), globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa- bangsa di seluruh dunia. Dengan kata lain proses globalisasi akan berdampak melampaui batas-batas kebangsaan dan kenegaraan. 
     Sebagai sebuah proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi, dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan dimensi waktu. Dimensi ruang yang dapat diartikan jarak semakin dekat atau dipersempit sedangkan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Hal ini tentunya tidak terlepas dari dukungan pesatnya laju perkembangan teknologi yang semakin canggih khususnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

B.    Rumusan Masalah. 

Permasalahan yang akan di bahas dalam karya tulis ilmiah ini yaitu :

  • Mengetahui Pengertian dari kebudayaan itu sendiri

  • Mengetahui dampak positif dan negative akibat dari  penggunaan teknologi terhadap sosialisasi

  • Cara mengantisipasi dampak negative dari penggunaan teknologi terhadap sosialisasi.


C.   Tujuan. 

     Dalam karya tulis ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil seperti mengetahui hal-hal yang belum diketahui sebelumnya tentang pengaruhnya teknologi terhadap sosialisasi. Serta bertujuan diantaranya untuk:


  • Memberikan pengertian tentang Kebudayaan
  • Menyadarkan para remaja akan bahaya yang mengancam negri kita dari dalam maupun luar.
  • Memberi penanggulangan dari masalah krisis budaya
  • Memberikan gambaran kepada para remaja tentang pengaruh masuknya kebudayaan Asing di Indonesia.
BAB II

PEMBAHASAN
A.    Definisi Tenkologi 

      Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam beperjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetaktelepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global. Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai; pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah, daripentungan sampai senjata nuklir.


B.     Hubungan Masyarakat Sosial dengan Teknologi Informasi 


    Masyarakat (society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem dimana sebagian besar interaksinya adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain).
      Dari definisi di atas, dapat di simpulkan bahwa masyarakat merupakan sekelompok orang yang hidup bersama, berinteraksi dengan individu-individu lain, dan saling tergantung satu sama lain. Di sini kita dapat menyatakan bahwa manusia sebagai makhluk sosial, sangat memerlukan orang lain dan di tuntut untuk menjalin komunikasi dengan baik satu sama lain.

C.   Pengaruh teknologi terhadap sosialisasi. 

      Perlu diingat, pengaruh globalisasi dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negative, berikut adalah penjelasan dampak nya :
  • Pengaruh Positif
      Pengaruh positif yang dapat dirasakan dengan adanya TIK adalah peningkatan kecepatan, ketepatan, akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai bidang khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya. Sebagai contoh manifestasi TIK yang mudah dilihat di sekitar kita adalah pengiriman surat hanya memerlukan waktu singkat, karena kehadiran surat elektronis (email), ketelitian hasil perhitungan dapat ditingkatkan dengan adanya komputasi numeris, pengelolaan data dalam jumlah besar juga bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan basis data (database), dan masih banyak lagi.
  • Pengaruh Negatif
      Sedangkan pengaruh negatif yang bisa muncul karena adanya TIK, misalnya dari globalisasi aspek ekonomi, terbukanya pasar bebas memungkinkan produk luar negeri masuk dengan mudahnya. Dengan banyaknya produk luar negeri dan ditambahnya harga yang relatif lebih murah dapat mengurangi rasa kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia.
  
D.   Upaya untuk mencegah Dapkat negative dari teknologi terhadap Sosialisasi
      Pada hakikatnya teknologi diciptakan, sejak dulu hingga sekarang ditujukan untuk membantu dan memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, baik pada saat manusia bekerja, berkomunikasi, bahkan untuk mengatasi berbagai persoalan pelik yang timbul di masyarakat. TIK tidak hanya membantu dan mempermudah manusia tetapi juga menawarkan cara-cara baru di dalam melakukan aktivitas-aktivitas tersebut sehingga dapat mempengaruhi budaya masyarakat yang sudah tertanam sebelumnya. 

      Budaya atau kebudayaan adalah kerangka acuan perilaku bagi masyarakat pendukungnya yang berupa nilai-nilai (kebenaran, keindahan, keadilan, kemanusiaan, kebijaksanaan, dll ) yang berpengaruh sebagai kerangka untuk membentuk pandangan hidup manusia yang relatif menetap dan dapat dilihat dari pilihan warga budaya itu untuk menentukan sikapnya terhadap berbagai gejala dan peristiwa kehidupan. 

        Jadi bagaimana TIK dapat mempengaruhi nilai-nilai yang telah tumbuh di masyarakat dalam suatu bangsa itu sangat tergantung dari sikap masyarakat tersebut. Seyogyanya, masyarakat harus selektif dan bersikap kritis terhadap TIK yang berkembang sangat pesat, sehingga semua manfaat positif yang terkandung di dalam TIK mampu dimanifestasikan agar mampu membantu dan mempermudah kehidupan masyarakat, dan efek negatif dapat lebih diminimalkan, dan jangan terlalu terpaku dengan teknologi yang canggih sehingga sosialisasi dengan Masyarakat sekitar berkurang.
  

BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan 
    Kehidupan sosial masyarakat sekarang memang sulit untuk di pisahkan dengan perkembangan Teknologi Informasi. Dengan adanya teknologi tersebut kehidupan sosial masyarakat menjadi semakin lancar, dengan adanya layanan-layanan yang membantu sarana komunikasi secara global. Namun, penggunaan teknologi informasi dan komunkasi haruslah disesuaikan dengan kebutuhan dan ada pengaturan atau regulasi yang mengatur tentang tata cara pemanfaatan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi agar tidak terjadi penyimpangan dalam penggunaanya.


B.    Saran 

           Pengembangan teknologi informasi haruslah di ikuti dengan perkembangan sumber daya manusia. Dengan adanya perkembangan teknologi, masyarakat juga harus berkembang dan menguasai ilmu mengenai teknologi informasi, kehidupan maya dan kehidupan nyata haruslah seimbang, karena kita membutuhkan ilmu untuk mempelajari ilmu teknologi dan juga memahami diri kita sebagai mahluk social. Menyadarkan para remaja akan bahaya yang mengancam negri kita dari dalam maupun luar. Memberi penanggulangan dari masalah krisis budayaMemberikan gambaran kepada para remaja tentang pengaruh masuknya kebudayaan Asing di Indonesia.


SUMBER :


  

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar